Lembaga Jemad Gelar Lomba Tadarus di Masjid Darussalam

Lembaga Jemad Gelar Lomba Tadarus di Masjid Darussalam

DUMAI - Tepat pada Selasa (13/04/2021) ummat muslim secara umum mulai melaksanakan ibadah puasa 1442 Hijriah 2021.

Pada momen Ramadhan 1442 Hijriah ini di manfaatkan Lembaga Jelajah Mania Dumai (JEMAD) menggelar Lomba Tadarus (Mengaji/membaca Alqur'an) tingkat anak usia SD dan SMP sederajat.

Kegiatan Lomba Tadarus di Masjid Darussalam yang terletak di Jln. Kesuma / Kaharuddin Nasution ini bekerjasama dengan Karang Taruna Kelurahan Jaya Mukti yang dipimpin Dedek Fernanda, serta bekerjasama dengan Pengurus Masjid Darussalam.

Kegiatan Lomba ini juga turut didukung berbagai kalangan, di antaranya Walikota Dumai H. Paisal, Anggota DPRD Dumai Mhd.Al Ichwan Hadi, Ketua Satgas GPK Dumai Marta Santoso, Ketua DPC SPN Dumai Mhd.Alfien Dicky, Dirut CV. Buah Segar Indonesia (BSI) Datuk Amin dan 10 Media Online, erapublik.com, eranewss.com, Dirganusantara.com, Auranusantara.com, Mediapesisir.com, Zonaberita.co.id, Suaratrust.com,Lineperistiwa.com, Suarafakta.com, Kupaskabar.com.

Kegiatan Lomba Tadarus (Mengaji) semasa bulan Ramadhan 1442 Hijriah yang diselenggarakan Lembaga Jemad yang dipimpin Mhd.Budianto ini bertujuan, agar Anak-anak tingkat usia SD dan SMP sederajat gemar mengaji (Tadarus) di Masjid Darussalam semasa Ramadhan ini. 

Hal ini dikemukakan Ketua Lembaga Jemad Mhd. Budianto, bahwa kegiatan lomba tadarus di Masjid Darussalam agar Anak-anak gemar mengaji dimasa ramadhan ini.

Nah, kategori pemenang lomba tadarus yang akan mendapatkan hadiahnya yaitu Anak-anak khatam Alqur'an selama Ramadhan sebanyak dua kali dengan total hadiah jutaan rupiah, dengan jadwal tadarus yang ditentukan oleh Guru penilai yang merupakan pengurus Masjid Darussalam, tentunya tetap mengikuti Prokes Covid-19.

"Kehadiran Lembaga Jemad di Kota Dumai akan terus berupaya memberikan kontribusi kebaikan bagi masyarakat, yang mana selain Lembaga Jemad menggalakan peduli lingkungan penghijauan menghasilkan dengan menanam manggis dan pinang batara yang kini terus berjalan, Lembaga Jemad juga  akan berupaya meningkatkan keinginan Anak-anak usia SD dan SMP sederajat agar gemar membaca alquran (mengaji)," ucap Budi.

Menurut Budi, bahwa kegiatan lomba tadarus ini adalah program Lembaga Jemad untuk terus memberikan kebaikan kepada masyarakat yang mempunyai anak mengikuti lomba tadarus tersebut.

"Penilaian pemenang yang kita ambil adalah bukan hanya bisa membaca Alqur'an saja, namun dibarengi dengan tajwid nya. Sehingga   Anak-anak mulai membiasakan diri membaca Alqur'an dengan bagus." tandas Ketua Lembaga Jemad Mhd.Budianto.

Pengurus Masjid Darussalam mengatakan, bahwa kegiatan lomba tadarus yang digelar Lembaga Jemad sangatlah bermanfaat. Yang mana Lembaga Jemad mempunyai keinginan agar Anak-anak gemar mengaji membaca ayat-ayat Alqur'an semasa bulan suci ramadhan ini. 

"Kita menyambut baik atas program Lembaga Jemad ini," ucap Ketua Masjid Darussalam melalui Ketua Bidang Dakwah Abdullah. M.U.

"Peserta lomba tadarus diikuti oleh Anak-anak  yang belajar di TPA Masjid Darussalam ini di campur dengan Anak-anak yang tinggal di dekat area Masjid ini," ujarnya. 

Masjid Darussalam ini adalah yang tertua di Kelurahan Jaya Mukti, demikian disampaikan Ketua Masjid Kursani, S. Kom melalui Ketua Bidang Dakwah Abdullah. M.U, didirikan pada Tahun 1959, dari Mulai Panggung hingga menjadi seperti ini.

"Kita mendukung program Lembaga Jemad, yang mana wacana Ketua Lembaga Jemad Mhd.Budianto setelah usai lomba tadarus di bulan suci ramadhan ini, habis lebaran akan membuat gerakan mengaji. Kita siap menjadikan Masjid Darussalam sebagai tempat program tersebut." tandas Ketua Masjid Kursani, S. Kom melalui Ketua Bidang Dakwah Abdullah. M.U.

Terkait hal ini Walikota Dumai H. Paisal saat dikonfirmasi sekaligus memberitahukan kegiatan Lomba Tadarus di Masjid Darussalam pada ramadhan ini mendukung program yang diselenggarakan Lembaga Jemad.

"Ini baru mantap," ucap Walikota Dumai H. Paisal Via Whatsappnya.

Disamping itu, Dedek Fernanda Ketua Karang Taruna Jaya Mukti yang juga Ketua Panitia penyelenggara Lomba Tadarus mengapresiasi atas program yang diselenggarakan Lembaga Jemad.

"Kita sangat mendukung atas program Lomba Tadarus yang diselenggarakan Lembaga Jemad, tentunya ini adalah progdam yang sangat bermanfaat di bulan suci ramadhan tahun ini," ucap Dedek.

"Semoga kedepannya program lomba tadarus ini lebih besar lagi." tandas Dedek Fernanda.

Komentar Via Facebook :