Sekda Ajak Pengurus DKKP Bangun Sinergitas dengan Semua Pihak

Sekda Ajak Pengurus DKKP Bangun Sinergitas dengan Semua Pihak

PEKANBARU,Ceritariau.com - Sekdako Pekanbaru, M. Jamil, M.Si mengapresiasi keinginan pengurus Dewan Kesenian Kota Pekanbaru (DKKP) untuk membangun ekosistem seni ditengah-tengah masyarakat perkotaan.

Sekda juga menyambut baik serta mengajak pengurus DKKP untuk menjalin komunikasi secara intens agar program-program yang dirancang dapat diwujudkan bersama.

Hal ini diungkapkannya saat memberi sambutan pada acara pelantikan dan pengukuhan pengurus DKKP masa khidmat 2021-2026, Senin (10/04) di balai pertemuan lantai 6 kompleks perkantoran Walikota, Tenayan Raya. 

Sekda juga mendorong DKKP melakukan komunikasi dengan OPD dan dinas terkait, serta siap membantu dengan meminta dana CSR perusahaan untuk pengembangan ekosistem seni di kota ini. 

"Dana APBD khusus untuk DKKP memang belum ada, tapi lakukan kerja sama dengan OPD dan dinas, pasti ada anggaran yang bisa disinergikan dengan DKKP. Pemko juga akan membantu dengan meminta dana CSR perusahaan yang beroperasi di kota ini. Ada niat pasti ada jalan," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Ketua Umum Dewan Kesenian Riau (DKR) Taufik Hidayat alias Atan Lasak. Dalam pengarahannya, Ia mengatakan sangat percaya ketua umum DKKP, Fedli Azis dan jajarannya mampu untuk memajukan kesenian di kota ini. DKR mendukung penuh dan siap bersinergi untuk mewujudkan itu. Apalagi DKR juga punya program yang digelar untuk wilayah Pekanbaru. 

"Saya percaya Fedi dan kawan-kawan mampu memajukan dunia seni di kota yang masyarakatnya sangat heterogen ini. Hampir sebagian besar pengurus DKKP periode ini kawan saya, dan mereka memang punya karya dan komitmen untuk bidang seni. Saya ucapkan selamat dan mari bekerja untuk kemajuan," ajaknya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DKKP Fedli Azis sangat bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang mendukungnya untuk mengemban amanah itu. Dia juga menjelaskan beberapa program serta  kiat-kiat yang akan dilaksanakan usai pelantikan. 

Dikatakannya, DKKP mengajak seluruh kecamatan untuk bekerja sama dan itu langsung diwujudkan melalui penandatanganan MoU antara DKKP dan para camat. MoU tersebut juga ditandatangani sekdako M Jamil yang memang mendukung penuh upaya kerja sama tersebut.

Fedli menjelaskan, pihaknya akan melakukan pembinaan seni di seluruh kecamatan di Pekanbaru. Hal ini, selain menjaring bibit-bibit baru, juga semakin memasyarakatkan seni. Sebagai kawasan dengan masyarakat yang heterogen, maka seni ala Pekanbaru akan menjadi lebih kaya rasa dan bentuknya. 

"Kerja sama DKKP dan kecamatan ini jelas memberi nilai lebih sebab selama institusi ini ada, hal itu belum pernah dilakukan secara serius. Akan lahir seniman-seniman muda yang kreatif dan inovatif dikemudian hari," paparnya.

Selain itu, DKKP punya program dengan nama Anak Pekan Art Festival dan gong dari program tahun ini adalah Sungai Sail Fest. Tidak hanya itu, DKKP juga akan melakukan pendataan para seniman, baik individu maupun komunitas. Tentu masih banyak lagi program yang hendak diwujudkan, namun DKKP lebih mengutamakan program-program yang prioritas terlebih dahulu.

Sebelum menutup sambutannya, Fedli mengharapkan Pemko Pekanbaru mempertimbangkan usul mereka untuk dianggarkan pembangunan gedung pertunjukan mini atau black boxs berkapasitas penonton 200-300 orang. Apalagi Pekanbaru sebagai ibu kota provinsi belum memiliki gedung pertunjukan yang representatif dan berstandar baik. 

Acara pelantikan pengurus DKKP kemarin memang tidak menghadirkan orang ramai karena masih dalam kondisi Covid-19. Namun kehadiran 6 hingga 7 camat membuat suasana terasa istimewa. Hadir juga beberapa penasehat DKKP, dan salah seorang pendiri DKKP SPN Zuarman Ahmad serta Yayasan Matankari, Amirullah Syahruddin dan kawan-kawan.

Sumber : Kominfo7
Editor : kiky

Komentar Via Facebook :