Mutasi Pendamping Desa Menuai Kritikan,Syahrial,ST Kita Jadwalkan Panggil Apa Dasarnya

Mutasi Pendamping Desa Menuai Kritikan,Syahrial,ST Kita Jadwalkan Panggil Apa Dasarnya

BENGKALIS, ceritariau.com-Mutasi sejumlah pendamping desa oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis baru baru ini, sampai ketelinga wakil rakyat. Kondisi ini tentunya mendapat kritikan, yang tajam atas mutasi yang terjadi.

Seperti disampaikan Wakil Ketua DPRD Kebupaten Bengkalis Syahrial ST, Kamis (27/8/2020). Adanya mutasi beberapa Pendamping Desa yang dilakukan Dinas PMD Kabupaten Bengkalis, yang berlandaskan dengan capaian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan kinerja, perlu dipertanyakan kembali.

"Saya mendapat informasi berkenaan adanya pendamping desa dimutasi dan rotasi salah satu alasannya capaian BLT dibeberapa desa atau kelurahan tidak sesuai target,"ungkap Syahrial..

"Untuk itu apakah benar informasi itu maka sangat perlu Kepala Dinas PMD Kabupaten Bengkalis mengungkapkan bagaimana bisa alasan tidak tercapaiannya target BLT serta apakah benar ada hubungan dengan mutasi pendamping desa,"tanya Syahrial lagi.

Diutarakan Syahrial lagi, jika capaian BLT ini tidak sesuai target semestinya atau seharusnya dievaluasi oleh para Kabid, Kasi, Camat serta Kepala Desa atau pihak Kelurahan.

"Apakah evaluasi itu sudah dilakukan, pendamping Desa, mereka tidak punya hak eksekutor namun pembinaan kurang tepat kalau itu dihubungkan,"ucap Syahrial.

Menurutnya lagi, Jika didasari evaluasi kinerja, sistem mutasinya bagaimana sehingga harus dimutasi antar desa atau kelurahan atau antar kecamatan apakah itu jadi tolak ukur untuk menyukseskan program.

"Jika ada kelemahan memang sudah dijalankan teguran atau peringatan, jadi itu harus jelas,"tegas Syahrial.

Dalam hal tersebut, ujar Syahrial, DPRD Bengkalis akan mengatur jadwal untuk memanggil Kepala Dinas PMD Bengkalis untuk memberikan keterangan terkait hal ini.

"Kita tidak mau ada sistem yang tidak baik yang sedang berjalan sehingga mengakibatkan beberapa pihak ada dirugikan serta berimbas pada program pendampingan Desa atau Kelurahan," pungkasnya.(rls)

Komentar Via Facebook :