KPU:Pendaftaran Parpol Pemilu 2020 Mulai Besok

KPU:Pendaftaran Parpol Pemilu 2020 Mulai Besok

Bengkalis,Ceritariau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai membuka pendaftaran resmi partai politik (parpol) calon peserta pemilihan umum (pemilu) 2019. Pendaftaran akan dilakukan di Aula KPU lantai 2.


Pembukaan pendaftaran akan dilakukan di Aula KPU Bengkalis Lantai 2. "KPU Bengkalis membuka pendaftaran partai politik calon peserta pemilu dimulai besok, terhitung mulai Jumat (4/09/20) hingga Minggu, 6 September", kata Komisioner KPU, Elmiawati Safarina, Kamis (3/9/20).


Untuk ketentuan waktu pendaftaran dimulai dari hari ke-1 hingga hari ke-2 pada pukul 08.00-16.00, senentara hari ke-3 dibuka mulai pukul 0800-24.00 waktu setempat. Dalam pertemuan redaksi ceritariau.com tersebut, KPU mengingatkan bagi parpol yang mengusul Bapaslon untuk benar -benar melengkapi syarat Pencalonan dan syarat calon ketika mendaftar ke KPU.

Alur pendaftaran, penelitian administrasi, verfikasi fakual, hingga penetapan diatur dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2017 hingga perubahan keempat PKPU 9 tentang Pencalonan. Adapun sesuai dengan PKPU, yang dimaksud pendaftaran Bapaslon dilakukan oleh pimpinan partai politik yakni ketua dan sekretaris, yang menyampaikan berkas pendaftaran beserta syarat-syarat yang ditentukan kepada KPU.

"Kelengkapan dokumen tersebut antara lain Formulir B.KWK, Formulir B1.KWK, fotokopi KTP dan syarat lain sesuai peraturan, jelasnya.

Elmiawati juga memaparkan, Dalam masa pendaftaran tersebut, ada waktu lima hari tahapan tanggapan dari masyarakat, dan kita berharap masyarakat proaktif melihat apa yang kita umumkan di website https:/kab-bengkalis.kpu.go.id/ KPU Bengkalis, untuk memberikan tanggapan atau masukan dari masyarakat terhadap dokumen-dokumen yang kita umumkan," terangnya.

Tambahnya, Ketika masyarakat ingin memberi masukan dan tanggapan, supaya tanggapan dan masukan tersebut bertanggung jawab, masukan itu berikut dengan data diri si pemberi masukan tentunya. Tahapannya dari tanggal 4 s/d 8 September 2020 kita menerima tanggapan dari masyarakat dan masa pendaftaran tanggal 4 s/d 6 September.

Soal pendaftaran, Elmiawati  kembali menegaskan pendaftaran akan dilakukan besok tanggal 4 sampai dengan tanggal 6 september 2020 sehingga pada hari libur KPU tetap bekerja dan menerima pendaftaran parpol," kata Komisioner KPU, Elmiawati Safarina.(Romi)

Komentar Via Facebook :