AMAN akan Berjuang Tuntaskan Abrasi di Pulau Rupat dan Bengkalis

AMAN akan Berjuang Tuntaskan Abrasi di Pulau Rupat dan Bengkalis

Bengkalis,ceritariau.com - Abrasi pantai dipulau Bengkalis dan Rupat salah satu masalah utama dan serius untuk ditanggulangi oleh pemimpin kedepan. Abrasi yang terjadi membuat masyarakat resah, bagaimana tidak mengingat daratan yang menjadi penopang hidup, seperti lahan tempat tinggal dan lahan perkebunan serta persawahan hilang sia-sia digerus ganasnya abrasi pantai. 

Penanganan abrasi tidak semudah membangun infrastruktur lainnya, butuh pembiayaan yang besar serta perencanaan yang matang, karena struktur tanah pantai yang berbeda antar daerah yang terkena dampak abrasi belum lagi luas daratan yang semakin hari semakin digerus abrasi.

 “Laut yang didominasi oleh ekosistem mangrove merupakan benteng pertahanan yang menjadi pelindung untuk kawasan gambut yang berada dalam satu kesatuan hidrologis gambut. Kerusakan mangrove maka akan mempercepat terjadinya kenaikan muka air laut ke wilayah darat yang berupa gambut (intrusi air laut) dan runtuhnya tebing-tebing atau bibir pantai di pinggir laut (abrasi). Hal ini akan menjadi ancaman kepada masyarakat yang bermukim dengan terganggunya ruang-ruang hidup masyarakat berupa kebun, ladang, sumber air dan permukiman,”

Beng sabli Ketua Umum Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Konstruksi Indonesia Provinsi Riau DPP ASPEKINDO RIAU sekaligus putra kelahiran kecamatan bantan yang saat ini beraktivitas dipekanbaru merasakan keperihatinannya terhadap kondisi abrasi yang terjadi saat ini dikabupaten Bengkalis yang mana keluarga besarnya saat ini masih berdomisili dikecamatan bantan dan bengkalis merasa cemas dan khawatir terkait ancaman abrasi ini beliau menyampaikan persoalan Abrasi ini harus benar-benar ditangani dengan serius oleh pemimpin kedepan.

Terpisah H. Abi Hahrun, SS.M.Si Bakal Calon Bupati Kab. Bengkalis yang diusung oleh PKS & PPP ini menangapi persolan Abrasi ini dengan sangat serius dan beliau mengatakan akan berjuang maksimal bersama orang-orang terbaik dipemerintahannya untuk menyelesaikan persoalan abarasi ini apabila diberikan amanah oleh masayarakat Kab. Bengkalis nantinya
 
Lanjutnya beliau menyampaikan bahwa pemerintah daerah saat ini sudah menjalani komunikasi bersama pemerintah pusat melalui kementrian kemaritiman yang sudah turun langsung kepulau bengkalis namun kita juga kedepan punya program strategis untuk penanganan abrasi ini, apabila saya terpilih menjadi pelayan masyarakat bengkalis. Maka kita akan membentuk pokja untuk menangani  masalah abrasi ini supaya ada perhatian dari kelompok Pokja yang ditugaskan oleh pemerintah yang betul-betul menjalinkan komunikasi agar dapat menurunkan anggaran dari pusat (APBN) dan daerah juga tetap ikut berkonstribusi sebagiannya sehingga semuanya bisa tuntas tidak dibuat secara parsial kita ingin penanganan abrasi ini secara utuh, insyaallah abrasi ini adalah program khusus dan sangat serius oleh pemerintahan Abi bahrun-Herman apabila diberikan amanah dan kepercayaan oleh masyarakat Kab. Bengkalis kedepannya.(Romi)

Komentar Via Facebook :